Kamis, 09 Juni 2016

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Pernah tidak punya pengalaman saat ingin mengupload code yang telah kita buat ke arduino ternyata program tidak bisa diupload. Biasanya ada pringatan berwarna merah dibawah program arduino dan disarankan untuk menggunjungi situs Arduino untuk memperoleh solusi.

Artikel lain:
Menggunakan Ardumoto (Driver Motor DC) Arduino
Menggunakan LCD DFRobot
Berdasarkan pengalaman ada beberapa penyeb dan solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Diantaranya:
  1. Program yang digunakan adalah program arduino yang versi portable. Saya pernah mencoba mendownload dan menggunakan program arduino yang versi portable, saat akan mengupload program ternyata tidak bisa. Jika kita lihat pada driver manager, akan muncul satu port USB yang masih tanda tanya, yang berarti board Arduino yang kita miliki belum terdeteksi di komputer kita.Tetapi ada teman saya yang menggunakan software portable, namun ternyata masih bisa mengupload program juga (saya masih belum tahu penyebabnya).  Solusinya saya mencoba mendownload program Arduino kembali namun yang versi di Instal, setelah dicoba ternyata bisa. Untuk yang mau mendownload software arduino bisa download DISINI.
  2. Pemilihan jenis board arduino yang digunakan juga bisa menjadi penyebab. Seumpama kita menggunakan arduino mega, tapi pada settingan software kita masih menggunakan board Arduino Uno. Biasanya setiap board arduino yang berbeda maka akan muncul penggunaan port yang berbeda alamatnya. Untuk pensettingannya bisa dilihat pada gambar beriku:
    Pilih tool, kemudian board, lalu pilih board yang digunakan. Jika Arduino telah terhubung opsi port akan menyala dan kita bisa memilih port yang digunakan
  3. Serial monitor yang masih terbuka bisa menjadi penyebab kita tidak bisa mengupload Arduino. Serial monitor biasa digunakan untuk menampilkan nilai-nilai keluaran dari sensor atau nilai ADC. Terkadang kita lupa masih atau sedang membuka serial monitor ini. Saat inggin mengupload program baru ternyata tidak bisa mengupload juga. Solusinya kita tinggal menutup serial monitonya dan mncoba mengupload kembali.
    Pada gambar serial monitor sedang terbuka (COM4), jadi tinggal di tutup serial monitonya, lalu upload ulang program
  4. Port USB yang digunakan tidak terdeteksi. Sepeti yang ditulis sebelumnya, tanda apakah arduino telah terhubung atau tidak yaitu jika kita pilih menu tool dan opsi port sudah menyala, berarti arduino telah terhubung, dan sebaliknya. Jika belum terdeteksi, coba untuk mencabut ulang arduino dan kembali memasangnya. Biasanya arduino akan terhubung, saya sering mengalami permasalahan yang ini.
  5. Port USB komputer atau laptop yang rusak. Solusinya, coba pindah ke port USB yang lain dari laptop atau komputer, jika masih belum bisa coba bandingkan di laptop atau komputer lain.
Dari kelima permasalahan dalam mengupload program ke arduino tersebut, mungkin ada penyebab-penyebab lain yang belum saya paparkan. Jadi bisa saja ada permasalahan alinnya, untuk lebih jelasnya bisa mengunjungi situs resmi yang telah diarahkan arduino. Alamatnya: http://www.arduino.cc/en/Guide/Troubleshooting#upload for suggestions.

Selamat mencoba...
Semoga Bermanfaat....

Baca juga:
Sensor Suhu dan Kelembapan (DHT 11) Arduino
Menggunakan Sensor Cahaya (LDR) Arduino
Menggunakan Power Supply PC untuk Mikrokontroller
Menggunakan Buzzer Arduino 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...