Jumat, 10 Juni 2016

Menggunakan ISD1932 Arduino (Direct Mode)

Komponen ISD 1932 yang digunakan ini adalah produk yang diproduksi oleh SparkFun. Komponen ini berfungsi untuk merekam dan memutar suara. Kelebihan dari komponen ini adalah dengan menggunakan 1 komponen bisa mengeluarkan multi-pesan atau banyak suara. Pesan maksimal yang bisa direkam adalah 8 pesan. Komponen ini memiliki 2 metode, yaitu mode langsung (direct mode)  dan mode pengalamatan Address Mode). Pada mode langsung suara yang direkam melalui pin tertentu akan di putar malalu pin tersebut. Sedangkan pada mode pengalamatan suara yang telah direkam bisa dipanggil sesuai pengalamatan yang telah dibuat (sejauh ini masih belum paham). Pada tulisan ini khusus dibahas penggunaan ISD dengan mode langsung. Lebih jelasnya bisa dilihat di situs SparkFun INI

Artikel Lain:
Lampu Lalu Lintas Arduino
Pengujian Sismin Arduino Mega 2560 (Kombinasi LED)




Chip seri ISD1900 ini diproduksi oleh NUVOTON. Dari data sheet yang dikeluarkan kita dapat banyak informasi dari pengaturan kualitas suara, lama perekaman yang dilakukan tiap pin. Untuk komponen ISD1932 keluaran terbaru dari SparkFun, komponen ini langsung dilengkapi oleh microphone dan tersedia pula soket untuk penggunaan headset.

Konfigurasi Pin dari chip ISD1900 ini sebagai berikut:
Pada mode langsung konfigurasi pinnya sebagai berikut:


  Untuk mengatur lama perekaman dan kualitas suara kita dapat mengatur nilai resistor yang digunakan pada pin ROSC. Tabelnya sebagai berikut:
Untuk pengaturan berapa jumlah pin pesan yang digunkan, kita dapat mengatur pin FMC1 dan FMC2. Pada datasheet dikatakan apa pin FMC3 tapi pada komponen keluaran SparkFun pin FMC3 tidak tertulis. Tabel berikut bisa dijadikan acuan:
Nilai 1 kita peroleh bila pin FMC kita beri tengangan sebesar 5 Volt (ke sumber) dan nilai 0 jika kita hubungkan ke ground. Jadi bila kita menghubungkan semua pin FMC ke sumber maka kita dapat menggunakan 8 pin pesan.

Skema rangngkaian untuk menjalankan komponen ini dengan mode langsung sbb:
Contoh cara pengoprasian komponen ISD1932 dalam mode direct bisa dilihat disitus http://ianlangelectronic.webeden.co.uk/#/voice-recorder/4562321245. Pada situs ini dijelaskan langkah-demi langkah cara pengoprasiannya, dilengkapi video yang sangat membantu pemahaman. Disitus ini juga kita akan diajarkan pengaplikasian komponen ini. Seperti membuat boneka bisa berbicara apabila disentuh. Yang ingin mencoba ISD1932 situs tersebut direkomendasikan untuk dikunjunggi.

Selamat Mencoba...
Semoga bermanfaat...

Baca Juga:
Menggunakan 3 Sensor Ping
Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino
Menampilkan Pembacaan 2 Potensio pada Android
Menggunakan RTC1307

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...