Jumat, 10 Juni 2016

Menggunakan Sensor Ultrasonik HC-SR04

Sensor ini bekerja dengan mengirimkan gelombang ultrasonik (di atas ambang batas pendengaran manusia) dan menyediakan pulsa keluaran yang berkaitan dengan waktu yang dibutuhkan saat gelombang pantulan diterima kembali oleh sensor. Dengan mengukur jeda waktu pulsa kirim terhadap pulsa yang diterima, maka jarak yang diukur dapat dikalkulasikan. (*1: hal 221)

Artikel Lain:
Belajar Sensor Kit Arduino
Memahami fungsi 'diantara' Arduino (C++)
Menggunakan 3 Sensor Ping
Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduin
Tanpilan Sensor HC-SR04
Definisi Pin Sensor HC-SR04
 Spesifikasi Sensor HC-SR04
Teori Operasi
Sensor ultrasonik PING))) mendeteksi objek dengan mengirimkan pulsa-pulsa pendek ultrasonik dan kemudian menunggu gelombang pantulan (echo). Sensor ini membentuk pulsa penyulut (trigger pulse) dengan mengantarmukakan peranti pengendali (microkontroller) sehingga pengiriman gelombang ultrasonik 40kHz pendek oleh sensor akan menunggu intruksi dari pengendali. (*1: hal 223)


Aplikasi Sensor
Untuk pengaplikasian sensor ini telah banyak contohnya di situs-situs lain. Penulis mencontoh dan mencoba dari situs INI. Dan setelah dicoba berhasil. Dari program prinsip kerja dari pengaplikasian sensor ping disini adalah pengukur jarak antara sensor dengan benda. Sensor diseting memiliki jangkauan berkisar 0-200cm. Apabila jarak kurang dari 4 cm, lampu led berwarna merah akan menyala sebagai indikator.Selain dari itu lampu led hijau yang menyala. Jika jarak benda lebih dari 200cm maka akan muncul pesan "Diluar Jangkauan". Sket antara arduino dengan sensor ping sbb:
Hasil tmpilan pembacaan jarak pada Serial Monitor
Untuk program bisa didownload langsung disitus referensi ini. Atau bisa mencoba program INI yang sudah sedikit diubah dan diterjemahkan.

Referensi:
*1: Buku Pintar Robotika. Ditulis: Taufiq Dwi Septian Suyadhi. Penerbit Andi.

Selamat mencoba...
Semoga bermanfaat... 

Baca Juga:
Sensor Suhu dan Kelembapan (DHT 11) Arduino
Menggunakan Sensor Cahaya (LDR) Arduino
Menggunakan Power Supply PC untuk Mikrokontroller
Menggunakan Buzzer Arduino 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...