Kamis, 09 Juni 2016

Memahami fungsi 'diantara' Arduino (C++)

Tulisan ini perupakan pengembangan dari percobaan Arduino sebelumnya, yaitu percobaan Menggunakan Sensor Ultrasonik HC-SR04. Yang membedakaannya yaitu saat meberi nilai pembacaan jarak sensor ping untuk memberi perintah selanjutnya, dalam hal ini memberikan masukan tegangan ke LED. Yang sempat membuat saya binggung adalah saat ingin memberi batasan nilai 'diantara'. Contohnya: dari pembacaan jarak sensor, saya ingin memberi masukan tegangan ke LED saat sensor ping mendeteksi jarak diantara 50 hingga 40 cm. Kalau ditulis secara matematis 40<= jarak <=50. Setelah saya tuliskan dalam program ternyata tidak ada error, tetapi nyatanya program masih tidak bisa berjalan sebagaimana yang diinginkan. Ini menandakan bahasa program masih salah.

Artikel lain:
Menggunakan Ardumoto (Driver Motor DC) Arduino
Menggunakan LCD DFRobot



Setelah mencari-cari refrensi di Internet, ditemukan tutorial dari situs resmi arduino yang membahas menenai boolean. Link situs DISINI. Dibahas merbagai macam operasi dari gerbang logika. Dan saya temukan contoh fungsi diantara yang saya cari-cari. Ternyata diperlukan fungsi logika AND untuk program 'diantara' ini. Jadi dalam kasus saya diatas program yang benar adalah if (jarak >= 40 && jarak <=50) {}. Setelah dicoba hasil yang ditunjukkan sesuai dengan yang diharapkan.



Semoga bermanfaat....

Baca juga:
Sensor Suhu dan Kelembapan (DHT 11) Arduino
Menggunakan Sensor Cahaya (LDR) Arduino
Menggunakan Power Supply PC untuk Mikrokontroller
Menggunakan Buzzer Arduino 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...