Jumat, 10 Juni 2016

Menggunakan RTC1307

RTC1307 merupakan komponen untuk menyimpan dan menampilkan waktu. RTC merupakan singkatan dari Real Time Clock. Jadi komponen ini dapat diaplikasikan untuk menampilkan tanggal atau jam digital. Tampilan komponennya sebagai berikut:
Untuk pengoprasiannya skematiknya sbb:





















Artikel lain:
Menggunakan Ardumoto (Driver Motor DC) Arduino

Vcc dan Ground komponen  dhubungkan ke pin 5 V dan GND arduino. Demikian pin SDA dan SCL komponen ke pin SDA dan SCL (Pin A4 dan A5) Arduino. Pada Arduino Mega SDA terlekak pada pin 20 dan SCL pada pin 21.

Ada dua program yang bisa digunakan. Program pertama untuk mensetting RTC agar waktu dan tanggalnya sesuai dengan keinginan kita, dan program kedua untuk menampilkan waktu yang telah tersimpan pada RTC ke Serial Monitor. Program untuk mensetting RTC penulis dapatkan di situs INI. Sedangkan program untuk menampilkan ke Serial monitor penulis dapatkan di situs INI. Lebih lengkapnya bisa dicek disitus tersebut.

Pada programpertama, bila telah berhasil diupload, lalu buka serial monitor. Ada tampilan pilihan untuk menseting waktu yang ada atau tidak. Bila memilih N (tidak mensetting) proses akan terhenti dan muncul tulisan "thank you".









Apabila memilih Y (melakukan penyetingan) maka proses akan berlanjut ke proses pensettingan waktu dan tanggal. Sebelum itu kita diminta menngubah setting pada serial monitor menjadi newline.
Setelah semua tanggal dan waktu diubah, maka data tersebut langsung tersimpan. Berikut tampilan proses pensettingan waktu

















Setelah program pertama selesai dijalnkan, dan waktu dan tanggal telah sesuai dengan keinginan, kita berlanjut ke tahap selanjutnya. Tahap selanjutnya yaitu untuk menampilkan waktu dan tanggal pada serial monitor. Setelah berhasil diupload program yang kedua, buka serial monitor. Diserial Monitor akan tampil tanggal dan waktu yang berubah setiap detiknya. Berikut tampilannya:
Untuk program mensetting RTC download DISINI.
Untuk program menampilkan RTC download DISINI.
Library yang dibutuhkan program download DISINI.

Selamat mencoba...
Semoga Bermanfaat....

Baca Juga:
Memahami fungsi 'diantara' Arduino (C++)
Menggunakan 3 Sensor Ping
Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino
Menampilkan Pembacaan 2 Potensio pada Android

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...